Berita

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA KESIMAN PETILAN TAHUN 2023

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA KESIMAN PETILAN TAHUN 2023

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) DALAM RANGKA PEMBAHASAN RANCANGAN RKPDESA DAN DAFTAR USULAN (DU) RKPDESA TAHUN 2024 - DESA KESIMAN PETILAN, KEC. DENPASAR TIMUR

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yg disingkat Musrenbangdes adalah musyawarah yg diselenggarakan guna untuk menentukan skala prioritas program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan desa yg didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.

Tujuan dilaksanakannya Musrenbangdes yaitu : 
1.  Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan atau tahun yang akan datang. 
2.  Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang kecamatan.

Pada hari Jumat, 22/09/2023 Pemerintah Desa Kesiman Petilan telah melaksanakan kegiatan Musrenbangdes yg bertempat di Big Garden Corner Kedaton Kesiman dimana dihadiri oleh OPD Kota Denpasar (Dinas PMD, PU Kota, Dinas Pendidikan, Bappeda Kota) Bapak Camat Dentim, Perbekel, BPD, Jro Bendesa/mewakili, Lembaga Desa, Perangkat Desa, Kelihan Adat, STT, PKK, Tenaga Ahli Pendamping Desa, PLD, Keterwakilan RTM, Bhabinkamtibmas, Linmas dan Tokoh2 masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Perbekel Kesiman Petilan menyampaikan program2 prioritas Desa seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. 
Acara dibuka oleh Bapak Camat Denpasar Timur yg dilanjutkan dengan penyampaian dari Ketua Tim Verifikasi Desa (Bpk Nym Suadana) terkait dg hasil verifikasi proposal kegiatan, penyampaian rancangan RKPDes dan DU RKPDes tahun 2024 oleh Sekdes selaku Ketua Tim Penyusun RKPDes 2024 dan Penyampaian Program Kota yg masuk ke Desa oleh OPD (Bappeda, PUPR, dan Dinas Pendidikan).

Setelah sesi pemaparan program/kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi terhadap rancangan RKPDes dan DU RKPDes yg tadi disampaikan oleh Sekdes dan OPD terkait. Ada beberapa pertanyaan dari peserta musyawarah yaitu : 
1. Terkait dengan Pendidikan terutama Paud milik desa yg dalam hal ini pengurusan ijin, status guru.
2. Adanya tiang listrik yg berada ditengah tengah got
3. Agar diadakannya pendidikan bagi calon pengantin guna untuk pencegahan stunting.
4. Agar tersedianya rambu2 lalu lintas di jalan2 pertigaan mengingat kondisi arus lalu lintas yg padat.

Dari beberapa pertanyaan tersbut sudah dicatat dalam rancangan dan lainnya sudah disampaikan/dijawab secara langsung oleh OPD terkait.
Setelah sesi diskusi dilanjutkan dengan menetapkan tim delegasi yg akan mengawal DU RKPDes dalam Musren ditingkat Kecamatan, pembacaan kesimpulan dan dilanjutkan dg penandatanganan Berita Acara Musrenbangdes sebagai penutup acara.

Admin