Berita

PEMBINAAN LOMBA DESA OLEH TIM PEMBINA DARI KOTA

PEMBINAAN LOMBA DESA OLEH TIM PEMBINA DARI KOTA

Selasa, 22 Maret 2022 Tim Pembina/Penilai Lomba Desa/Kelurahan melakukan pembinaan ke Desa Kesiman Petilan. 
Kebetulan tahun ini Desa Kesiman Petilan ditunjuk mewakili Kecamatan Denpasar Timur dalam mengikuti lomba desa untuk tahun 2022.
Pembinaan yg dilaksanakan oleh Tim Pembina/Penilai kali ini berfokus pada kesiapan Pemerintah Desa dalam hal Administrasi Desa dan pengembangan Inovasi yg ada di wilayah Desa Kesiman Petilan yg berpotensi menghasilkan PAD Desa dan sekaligus bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa.

Pedoman lomba Desa kali ini merujuk pada Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dalam regulasi tersebut diatur 3 bidang yg akan menjadi penilaian yaitu :

  1. Bidang Pemerintahan
  2. Bidang Kewilayahan, dan
  3. Bidang Kemasyarakatan

Pembinaan kali ini secara administrasi hampir 99% sdh bisa terpenuhi tinggal 1% perbaikan-perbaikan saja. 
Dalam Pembinaan tersebut juga ditekankan untuk menggali inovasi/potensi disetiap bidang yg bisa ditonjolkan dan ditampilkan dalam video selayang pandang desa dan video pemaparan dari Perbekel yg nantinya bisa menjadi ikon Desa Kesiman Petilan. 

Lomba Desa Kesiman Petilan akan dimulai pada bulan Mei 2022. Semoga dengan adanya lomba Desa ini segala macam bentuk inovasi/potensi yg ada di wilayah Desa Kesiman Petilan baik dari segi kebudayaan, potensi alam, kuliner, ekonomi, pendidikan dan kesenian bisa kita tonjolkan dan kita tingkatkan yang sesuai dengan Visi dan Misi Desa.