Berita

PENILAIAN dan KLARIFIKASI LAPANGAN LOMBA DESA/KELURAHAN TINGKAT KOTA DENPASAR TAHUN 2022

PENILAIAN dan KLARIFIKASI LAPANGAN LOMBA DESA/KELURAHAN TINGKAT KOTA DENPASAR TAHUN 2022

Selasa, 26 April 2022
Desa Kesiman Petilan mewakili Kecamatan Denpasar Timur dalam mengikuti lomba desa/kelurahan ditingkat Kota Denpasar. 
Penilaian dan Klarifikasi lapangan ini dilaksanakan    pada hari selasa, 26/4/2022 Pukul 11.00 Wita.

Dalam penilaian dan klarifikasi lomba desa/kelurahan ini dihadiri oleh Bpk Kadis DPMD Kota Dps sekaligus selaku Ketua Tim, Bpk Camat Dentim, Tokoh Masyarakat Kesiman Bpk I Gst Ngurang Gede,SH dan Jro Bendesa, Desa Adat Kesiman.

Dalam sambutan Bapak Camat Denpasar Timur lomba desa/kelurahan tahun ini bukan hanya untuk mencari juara tp lebih menekankan kepada tertib administrasi yg baik dan sekaligus menggali potensi dan inovasi yg ada di wilayah Desa Kesiman Petilan untuk pembangunan desa kedepannya yg bisa mensejahterakan masyarakat desa sesuai dengan visi/misi desa. Beliau juga menyampaikan bahwa Desa Kesiman Petilan siap mewakili Kota Denpasar dalam ajang Lomba Desa/Kelurahan ditingkat Propinsi Bali yang akan dilaksanakan bulan juli/ agustus 2022.

Dilanjutkan dengan sambutan Bapak Kadis DPMD sekaligus sebagai Tim Penialai Lomba Desa/Kelurahan 2022 menyampaikan bahwa dari segi administrasi Desa Kesiman Petilan sudah cukup bagus dan dari potensi/inovasi yg diperlihatkan sudah cukup baik dimana inovasi tersebut diharapkan nantinya mampu menjadi ikon desa sekaligus bisa meningkatkan perekonomian warga/masyarakat desa. Dari produk unggulan yg dipamerkan sudah sangat bagus namun juga perlu harus diperhatikan keberlanjutannya dan dukungan desa terkait dengan keberadaan UMKM sangat dibutuhkan untuk saat ini mengingat pandemi covid 19 belum usai. Beliau juga menyinggung terkait dengan batas-batas desa nantinya akan dibuat regulasi yg akan mengatur hal tersebut sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

setelah sambutan dari Bpk Kadis DPMD dilanjutkan dengan pemaparan terkait dengan potensi dan inovasi yang disampaikan oleh Bapak Perbekel melalui power point. Sebelum kemateri Perbekel menyampaikan visi/misi desa yaitu Membangun Desa Kesiman Yg Mandiri, Bersih dan Berbudaya Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Kesiman Petilan. Melalui Visi/Misi tersebut disampaikan potensi dan inovasi yg dijabarkan dalam bidang-bidang yaitu : 

BIDANG PEMERITAHAN Inovasi yg ditonjolkan yaitu terkait dengan pembuatan suatu sistem aplikasi terkait dengan pelayanan administrasi surat-menyurat yg bernama SIKEP (Sistem Informasi Kesiman Petilan) didlm Sikep ada : 

  1. MASIKIAN ini merupakan aplikasi yg memudahkan Perbekel dalam mengawasi Kinerja Perangkat Desa. Semua Perangkat Desa wajib melaporkan segala macam bentuk kegiatan yg dilaksanakannya, laporan tersebut masuk ke Perbekel dan sekaligus mengecek laporan tersebut apakah disetujui atau tidak.
  2. SIMADE ini merupakan aplikasi yg dipergunakan oleh Bapak Pelaksana Kewilayahan (Kelihan Dinas) untuk melayani warga/masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan. Jd masyarakat tinggal datang ke Bpk Pelwil nanti data dari Pelwil akan masuk ke Bagian Pelayanan Umum dan masyarakat tinggal datang untuk mengambil surat tersebut.
  3. WEB DESA setiap Desa sdh mempunyai yg namanya web desa bahkan web desa ini sdh lumrah dikalangan masyarakat, tp yg menarik dari web desa ini yaitu adanya laporan transparansi pengelolaan keuangan desa yg bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat hukum dan sesuai dg visi perbekel yaitu bersih secara Pemerintahan. Dlm web juga ada pengaduan jd masyarakat bisa melakukan pengaduan didlm web tersebut yg terkait dengan pembangunan desa.
  4. PETA GIS dalam peta tersebut masyarakat dapat melihat potensi yg ada diwilayah desa kesiman petilan seperi : usaha-usaha masyarakat, sekolah, fasilitas kesehatan, tempat2 ibadah dll.

BIDANG KEWILAYAHAN Inovasi yg ditonjolkan yaitu secara visi/misi bersih secara Pemerintahan juga bersih secara lingkungan. Memanfaatkan potensi yg ada yaitu Sungai maka Desa Kesiman Petilan melakukan penataan lingkungan dengan melakukan penataan bantaran sungai ayung dan sekaligus membuat wahana edukasi tumbuhan langka. Juga disampaikan inovasi /potensi dibidang kebudayaan seperti : trasidisi ngerebong, pergelaran kesenian arja, palegongan dll.

BIDANG KEMASYARAKATAN inovasi yg ditonjolkan yaitu dibentuknya Komunitas pencinta lingkungan yaitu GAS KOPLING (Gerakan Aksi Sosial Komunitas Pencinta Lingkungan) yg mana komunitas ini bersinergi dg komunitas2 yg ada untuk pemeliraharaab lingkungan yg ada diwilayah Desa Kesiman Petilan.

Kurang lebih 11 menit pemaparan perbekel dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yg disampaikan oleh tim penilai. Pertanyaan dari tim yg langsung ditujukan kpd Bpk Ketua LPM yaitu terkait dengan pengembangan potensi sungai ayung yg akan dijadikan wahana edukasi tumbuhan langka. Jawaban Ketua LPM adalah ide terbentuknya wahana tersebut dari keinginan masyarakat melalui musyawarah, dimana masyarakat menginginkan bantaran sungai bersih yg terbebas dari sampah, maka disusunlah program-program pembersihan bantaran sungai dan sekaligus timbul ide untuk memanfaatkan bantaran tersebut yg terlebih dahulu meminta ijin kepada pemilik lahan yg ada dibantaran sungai ayung. Kedepan wahana edukasi tumbuhan langka ini menjadi objek wisata bagi masyarakat desa dan sekaligus sebagai tempat olahraga karna sudah dibuat jalur tracking untuk warga. 
setelah sesi tanya jawab dilanjutkan dengan penilaian admistrasi dimasing-masing bidang dan juga dilanjutkan dengan tim melakukan kunjungan ke center point yaitu bantaran sungai ayung yg dijadikan sebagai tempat wahana edukasi tumbuhan langka (waktu laba). 
disela-sela kegiatan tersebut tim penilai juga melihat secara dekat UMKM yg dipamerkan sesuai dengan inovasi dibidang kemasyarakatan yg sesuai dg visi desa yaitu mandiri. Kemandirian masyarakat dlm bentuk terciptanya produk-produk unggulan masyarakat seperti minyak vco, pembuatan ingke, panggul dan dupa.